Translate

Kamis, 12 April 2012

Teknologi Informasi & Multimedia minggu ke -1


Pengertian Multimedia
Pengertian Multimedia
Mulitimedia memiliki berbagai pengertian. Dean (1996) menyatakan bahwa istilah multimedia berasal dari teater, yaitu pertunjukkan yang memanfaatkan lebih dari satu medium di panggung yang mencakup monitor video, synthesized band, dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukkan.  Namun berbeda dengan pengertian multimedia sebelumnya (multi-media), istilah multimedia dalam hal ini berarti suatu system yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan alat-alat lain seperti televise, monitor video dan system piringan optic atau system stereo yang di maksudkan untuk menghasilkan sajian audio visual penuh (McLeod, 1996). Pengertian kedua mensyaratkan adanya sinkronisasi berbagai media tadi dengan bantuan computer, membedakannya dengan pengertian multimedia yang pertama yang memanfaatkan berbagai media yang tepisah dan berdiri sendiri.
Beberapa pakar pengertian Multimedia Sebagai berikut:
1.       Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 elemen, yaitu suara, gambar, dan teks (Mc Cormick, 1996)
2.       Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data. Media ini dapat audiao (suara, music), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban, dkk,.2002).
3.       Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan intaktif yang mengombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video (Robin dan Linda, 2001).
4.       Multimedia merupakan pemanpaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak ( video dan animasi, dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)

Konsep MultiMedia
1.      Multimedia linear.
2.      Multimedia interaktif.

Multimedia linear adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya TV dan film.

Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game dll.
Elemen-elemen dari multimedia biasanya digabung menjadi satu menggunakan Authoring Tools. Perangkat ini memiliki kemampuan untuk mengedit teks dan gambar, juga dilengkapi dengan kemampuan berinteraksi dengan Video Disc Player (VCD), Video Tape Player dan alat-alat lain yang berhubungan dengan project. Suara atau video yang telah diedit akan dimasukkan ke dalam Authoring System untuk dimainkan kembali. Jumlah bagian yang dimainkan ulang dan dipresentasikan disebut Human Interface. Sedangkan perangkat keras dan perangkat lunak yang menentukan apa yang akan terjadi dalam suatu project disebut Multimedia Platform atau Environment.
Aplikasi Multimedia
Pada aplikasinya multimedia dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti :
1. Bisnis : - Presentasi
- Pemasaran
- Periklanan
- Demo Produk
- Catalog
2. Pendidikan : - Tutorial
- Simulasi dan pelatihan
- E – learning
3. Hiburan : - Games
- VOD : pengguna bebas mengakses data multimedia yang tersedia pada media server ( dokumen berita, entertaintment, film, music, dll )
4. Virtual Reality :
- Menggunakan elemen dasar multimedia seperti : imagery, suara da animasi
- Mengharuskan adanya umpan balaik ( feedback ) dari user – multimedia interaktif

Pemanfaatan  Multimedia
Teknologi multimedia mulai diperkenalkan pada pertengahan tahun 80-an dan telah membuka dimensi baru dalam Teknologi Informasi. Teknologi multimedia telah membawa satu perubahan drastis pada industri media karena kemampuannya menyatukan kelebihan televisi sebagai alat audio visual dan kekuatan teknologi mesin cetak dan kemampuan teknologi interaktif komputer.
Terdapat 5 elemen multimedia penting yang mendasar pada  yaitu:

1.      Teks
2.      Grafis
3.      Audio
4.      Video
5.      Animasi

·         Teks – Merupakan elemen dasar untuk menyampaikan informasi. Memiliki berbagai jenis dan bentuk tulisan yang bisa memberi daya tarik dan penyampaian informasi. Memberi penekanan untuk sesuatu materi yang ingin disampaikan.
·         Grafis – Merupakan elemen paling penting, memberikan penekanan secara visual terhadap sesuatu presentasi maklumat.Membantu menyampaikan informasi dengan lebih berkesan.Menjadikan presentasi atau penyampaian informasi dengan lebih menarik.
·         Audio – Membantu menyampaikan informasi dengan lebih efektif (misalnya: penggunaan suara latar atau kesan audio khusus). Membantu meningkatkan daya tarik terhadap sesuatu tayangan.Membantu meningkatkan daya tarik terhadap isi yang di presentasikan.
·         Video – Menyediakan metode penyaluran informasi yang amat menarik dan hidup.Merupakan elemen atau media yang sangat dinamis dan efektif dalam menyampaikan informasi.
·         Animasi – Berperan sebagai penarik pada sebuah presentasi dan sangat membantu dalam menjelaskan suatu konsep yang kompleks dengan mudah.

Reference        :
Achievan.blogspot.com/2010/04/konsep-dasar-multimedia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar